Uga Wangsit Siliwangi

 

Apa Itu Uga Wangsit Siliwangi...???

Uga Adalah Salah Satu Sastra Lisan Jawa Barat Yang Berisikan Tentang Ramalan Atau Khobar Dimasa Depan Berdasarkan Dari Suatu Ilham Yang Diterima Oleh Manusia Pilihan Tuhan. Adapun Isi Dari Kabar Ghoib / Ilham Tersebut Biasanya Berupa Peristiwa-Peristiwa Yang Akan Terjadi Dimasa Yang Akan Datang.

Bagi Orang Sunda, Uga Dari Karuhun / Nenek Moyang Yang Diturunkan Dari Generasi Ke Generasi Adalah Sebagai Suatu Peringatan Yang Harus Diperhatikan Agar Sesuatu Yang Buruk Dapat Diantisipasi Atau Setidaknya Dapat Diminimalisir Efek Buruknya Nanti.

Namun Uga Tidak Selalu Berbicara Tentang Hal-Hal Yang Buruk Saja, Uga Pun Bisa Pula Menjelaskan Tentang Segala Sesuatu Baik Berupa Pencarian Ilham Maupun Ilmu Kebatinan...

Wangsit adalah Sebuah Kabar Ghoib Yang Diterima Secara Ghoib Oleh Manusia Pilihan Tuhan, Atau Dalam Kajian Agama Disebut Dengan Istilah Wahyu / Ilham...

Siliwangi Adalah Seorang Tokoh Yang Dalam Hal Ini Menerima Kabar Ghoib Tersebut...

Salah Satu Uga Yang Paling Populer Di Jawa Barat Adalah Uga Wangsit Siliwangi, Yang Mana Konon Katanya Sebelum Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi Ngahyang Di Hutan Sancang – Garut – Jawa BaratPrabu Siliwangi Sempat Memberikan Beberapa Pesan Kepada Para Pengikut Dan Keturunan-Keturunannya, Dan Pesan Tersebut Dikenal Oleh Para Tokoh Sunda Dengan Sebutan Uga Wangsit Siliwangi...

Uga Wangsit Siliwangi Yang Saya Tuliskan Disini Adalah Versi Yang Paling Banyak Dibenarkan Naskah Keasliannya Oleh Para Tokoh Sejarah Tanah Sunda, Yang Telah Digubah Bahasanya Oleh Enang Rokajat Ashura Yang Mengambil Referensi Dari Naskah Wangsakerta, Tahun (1620 – 1698 M) Dan Naskah Siksa Kandang Karesian Tahun (1518 M) Sebagai Sumber Rujukan Utamanya...

Berikut teks Sunda Uga Wangsit Siliwangi dan terjemahan Bahasa Indonesia:

Teks Sunda Uga Wangsit Siliwangi

Saur Prabu Siliwangi ka balad Pajajaran anu milu mundur dina sateuacana ngahiang:

“Lalakon urang ngan nepi ka poé ieu, najan dia kabéhan ka ngaing pada satia! Tapi ngaing henteu meunang mawa dia pipilueun, ngilu hirup jadi balangsak, ngilu rudin bari lapar. Dia mudu marilih, pikeun hirup ka hareupna, supaya engké jagana, jembar senang sugih mukti, bisa ngadegkeun deui Pajajaran! Lain Pajajaran nu kiwari, tapi Pajajaran anu anyar, nu ngadegna digeuingkeun ku obah jaman! Pilih! ngaing moal ngahalang-halang. Sabab pikeun ngaing, hanteu pantes jadi Raja, anu somah sakabéhna, lapar baé jeung balangsak.”

Daréngékeun! Nu dék tetep ngilu jeung ngaing, geura misah ka beulah kidul! Anu hayang balik deui ka dayeuh nu ditinggalkeun, geura misah ka beulah kalér! Anu dék kumawula ka nu keur jaya, geura misah ka beulah wétan! Anu moal milu ka saha-saha, geura misah ka beulah kulon!

Daréngékeun! Dia nu di beulah wétan, masing nyaraho: Kajayaan milu jeung dia! Nya turunan dia nu engkéna bakal maréntah ka dulur jeung ka batur. Tapi masing nyaraho, arinyana bakal kamalinaan. Engkéna bakal aya babalesna. Jig geura narindak!

Dia nu di beulah kulon! Papay ku dia lacak Ki Santang! Sabab engkéna, turunan dia jadi panggeuing ka dulur jeung ka batur. Ka batur urut salembur, ka dulur anu nyorang saayunan ka sakabéh nu rancagé di haténa. Engké jaga, mun tengah peuting, ti gunung Halimun kadéngé sora tutunggulan, tah éta tandana; saturunan dia disambat ku nu dék kawin di Lebak Cawéné. Ulah sina talangké, sabab talaga bakal bedah! Jig geura narindak! Tapi ulah ngalieuk ka tukang!

Dia nu marisah ka beulah kalér, daréngékeun! Dayeuh ku dia moal kasampak. Nu ka sampak ngan ukur tegal baladaheun. Turunan dia, lolobana bakal jadi somah. Mun aya nu jadi pangkat, tapi moal boga kakawasaan. Arinyana engké jaga, bakal ka seundeuhan batur. Loba batur ti nu anggang, tapi batur anu nyusahkeun. Sing waspada!

Sakabéh turunan dia ku ngaing bakal dilanglang. Tapi, ngan di waktu anu perelu. Ngaing bakal datang deui, nulungan nu barutuh, mantuan anu sarusah, tapi ngan nu hadé laku-lampahna. Mun ngaing datang moal kadeuleu; mun ngaing nyarita moal kadéngé. Mémang ngaing bakal datang. Tapi ngan ka nu rancagé haténa, ka nu weruh di semu anu saéstu, anu ngarti kana wangi anu sajati jeung nu surti lantip pikirna, nu hadé laku lampahna. Mun ngaing datang; teu ngarupa teu nyawara, tapi méré céré ku wawangi. Ti mimiti poé ieu, Pajajaran leungit ti alam hirup. Leungit dayeuhna, leungit nagarana. Pajajaran moal ninggalkeun tapak, jaba ti ngaran pikeun nu mapay. Sabab bukti anu kari, bakal réa nu malungkir! Tapi engké jaga bakal aya nu nyoba-nyoba, supaya anu laleungit kapanggih deui. Nya bisa, ngan mapayna kudu maké amparan. Tapi anu marapayna loba nu arieu-aing pang pinterna. Mudu arédan heula.

Engké bakal réa nu kapanggih, sabagian-sabagian. Sabab kaburu dilarang ku nu disebut Raja Panyelang! Aya nu wani ngoréhan terus terus, teu ngahiding ka panglarang; ngoréhan bari ngalawan, ngalawan sabari seuri. Nyaéta budak angon; imahna di birit leuwi, pantona batu satangtungeun, kahieuman ku handeuleum, karimbunan ku hanjuang. Ari ngangonna? Lain kebo lain embé, lain méong lain banténg, tapi kalakay jeung tutunggul. Inyana jongjon ngorehan, ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian disumputkeun, sabab acan wayah ngalalakonkeun. Engke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu kabuka jeung raréang ménta dilalakonkeun. Tapi, mudu ngalaman loba lalakon, anggeus nyorang: undur jaman datang jaman, saban jaman mawa lalakon. Lilana saban jaman, sarua jeung waktuna nyukma, ngusumah jeung nitis, laju nitis dipinda sukma.

Daréngékeun! Nu kiwari ngamusuhan urang, jaradi rajana ngan bakal nepi mangsa: tanah bugel sisi Cibantaeun dijieun kandang kebo dongkol. Tah di dinya, sanagara bakal jadi sampalan, sampalan kebo barulé, nu diangon ku jalma jangkung nu tutunjuk di alun-alun. Ti harita, raja-raja dibelenggu. Kebo bulé nyekel bubuntut, turunan urang narik waluku, ngan narikna henteu karasa, sabab murah jaman seubeuh hakan.

Ti dinya, waluku ditumpakan kunyuk; laju turunan urang aya nu lilir, tapi lilirna cara nu kara hudang tina ngimpi. Ti nu laleungit, tambah loba nu manggihna. Tapi loba nu pahili, aya kabawa nu lain mudu diala! Turunan urang loba nu hanteu engeuh, yén jaman ganti lalakon! Ti dinya gehger sanagara. Panto nutup di buburak ku nu ngaranteur pamuka jalan; tapi jalan nu pasingsal!

Nu tutunjuk nyumput jauh; alun-alun jadi suwung, kebo bulé kalalabur; laju sampalan nu diranjah monyét! Turunan urang ngareunah seuri, tapi seuri teu anggeus, sabab kaburu: warung béak ku monyét, sawah béak ku monyét, leuit béak ku monyét, kebon béak ku monyét, sawah béak ku monyét, cawéné rareuneuh ku monyét. Sagala-gala diranjah ku monyét. Turunan urang sieun ku nu niru-niru monyét. Panarat dicekel ku monyet bari diuk dina bubuntut. Walukuna ditarik ku turunan urang keneh. Loba nu paraeh kalaparan. ti dinya, turunan urang ngarep-ngarep pelak jagong, sabari nyanyahoanan maresék caturangga. Hanteu arengeuh, yén jaman geus ganti deui lalakon.

Laju hawar-hawar, ti tungtung sagara kalér ngaguruh ngagulugur, galudra megarkeun endog. Génjlong saamparan jagat! Ari di urang? Ramé ku nu mangpring. Pangpring sabuluh-buluh gading. Monyét ngumpul ting rumpuyuk. Laju ngamuk turunan urang; ngamukna teu jeung aturan. loba nu paraéh teu boga dosa. Puguh musuh, dijieun batur; puguh batur disebut musuh. Ngadak-ngadak loba nu pangkat nu maréntah cara nu édan, nu bingung tambah baringung; barudak satepak jaradi bapa. nu ngaramuk tambah rosa; ngamukna teu ngilik bulu. Nu barodas dibuburak, nu harideung disieuh-sieuh. Mani sahéng buana urang, sabab nu ngaramuk, henteu beda tina tawon, dipaléngpéng keuna sayangna. Sanusa dijieun jagal. Tapi, kaburu aya nu nyapih; nu nyapihna urang sabrang.

Laju ngadeg deui raja, asalna jalma biasa. Tapi mémang titisan raja. Titisan raja baheula jeung biangna hiji putri pulo Dewata. da puguh titisan raja; raja anyar hésé apes ku rogahala! Ti harita, ganti deui jaman. Ganti jaman ganti lakon! Iraha? Hanteu lila, anggeus témbong bulan ti beurang, disusul kaliwatan ku béntang caang ngagenclang. Di urut nagara urang, ngadeg deui karajaan. Karajaan di jeroeun karajaan jeung rajana lain teureuh Pajajaran.

Laju aya deui raja, tapi raja, raja buta nu ngadegkeun lawang teu beunang dibuka, nangtungkeun panto teu beunang ditutup; nyieun pancuran di tengah jalan, miara heulang dina caringin, da raja buta! Lain buta duruwiksa, tapi buta henteu neuleu, buaya eujeung ajag, ucing garong eujeung monyét ngarowotan somah nu susah. Sakalina aya nu wani ngageuing; nu diporog mah lain satona, tapi jelema anu ngélingan. Mingkin hareup mingkin hareup, loba buta nu baruta, naritah deui nyembah berhala. Laju bubuntut salah nu ngatur, panarat pabeulit dina cacadan; da nu ngawalukuna lain jalma tukang tani. Nya karuhan: taraté hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré loba nu teu asup kana aseupan…Da bonganan, nu ngebonna tukang barohong; nu tanina ngan wungkul jangji; nu palinter loba teuing, ngan pinterna kabalinger.

Ti dinya datang budak janggotan. Datangna sajamang hideung bari nyorén kanéron butut, ngageuingkeun nu keur sasar, ngélingan nu keur paroho. Tapi henteu diwararo! Da pinterna kabalinger, hayang meunang sorangan. Arinyana teu areungeuh, langit anggeus semu beureum, haseup ngebul tina pirunan. Boro-boro dék ngawaro, malah budak nu janggotan, ku arinyana ditéwak diasupkeun ka pangbérokan. Laju arinyana ngawut-ngawut dapur batur, majarkeun néangan musuh; padahal arinyana nyiar-nyiar pimusuheun.

Sing waspada! Sabab engké arinyana, bakal nyaram Pajajaran didongéngkeun. Sabab sarieuneun kanyahoan, saenyana arinyana anu jadi gara-gara sagala jadi dangdarat. Buta-buta nu baruta; mingkin hareup mingkin bedegong, ngaleuwihan kebo bulé. Arinyana teu nyaraho, jaman manusa dikawasaan ku sato!

Jayana buta-buta, hanteu pati lila; tapi, bongan kacarida teuing nyangsara ka somah anu pada ngarep-ngarep caringin reuntas di alun-alun. Buta bakal jaradi wadal, wadal pamolahna sorangan. Iraha mangsana? Engké, mun geus témbong budak angon! Ti dinya loba nu ribut, ti dapur laju salembur, ti lembur jadi sanagara! Nu barodo jaradi gélo marantuan nu garelut, dikokolotan ku budak buncireung! Matakna garelut? Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang loba; nu boga hak marénta bagianana. Ngan nu aréling caricing. Arinyana mah ngalalajoan. Tapi kabarérang.

Nu garelut laju rareureuh; laju kakara arengeuh; kabéh gé taya nu meunang bagian. Sabab warisan sakabéh béak, béakna ku nu nyarekel gadéan. Buta-buta laju nyarusup, nu garelut jadi kareueung, sarieuneun ditempuhkeun leungitna nagara. Laju naréangan budak angon, nu saungna di birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateup ku handeuleum ditihangan ku hanjuang. Naréanganana budak tumbal. sejana dék marénta tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, geus narindak babarengan jeung budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak Cawéné!

Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak dina tutunggul. Daréngékeun! Jaman bakal ganti deui. tapi engké, lamun Gunung Gedé anggeus bitu, disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui sajajagat. Urang Sunda disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui sakabéhanana. Sanagara sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu adil; ratu adil nu sajati.

Tapi ratu saha? Ti mana asalna éta ratu? Engké ogé dia nyaraho. Ayeuna mah, siar ku dia éta budak angon! Jig geura narindak! Tapi, ulah ngalieuk ka tukang!

Terjemahan Indonesia Uga Wangsit Siliwangi

Prabu Siliwangi berpesan pada pengikut Pajajaran yang ikut mundur pada waktu sebelum dirinya menghilang:

“Perjalanan kita hanya sampai di sini hari ini, meski kalian semua setia padaku! Tapi aku tidak boleh membawa kalian dalam masalah ini, membuat hidup kalian nelangsa, ikut merasakan melarat dan lapar. Kalian harus memilih untuk kehidupan ke depan nanti, agar besok lusa, kalian hidup senang sejahtera dan bisa mendirikan lagi Pajajaran! Bukan Pajajaran saat ini tapi Pajajaran yang baru yang berdiri oleh perjalanan waktu! Pilih! Aku tidak akan melarang, sebab untukku, tidak pantas jadi raja yang rakyatnya lapar dan miskin.”

Dengarkan! Yang ingin tetap ikut denganku, cepat memisahkan diri ke selatan! Yang ingin kembali lagi ke kota yang ditinggalkan, cepat memisahkan diri ke utara! Yang ingin berbakti kepada raja yang sedang berkuasa, cepat memisahkan diri ke timur! Yang tidak ingin ikut siapa-siapa, cepat memisahkan diri ke barat!

Dengarkan! Kalian yang di timur harus tahu: Kekuasaan akan turut dengan kalian! Dan keturunan kalian nanti yang akan memerintah saudara kalian sendiri dan orang lain. Tapi kalian harus ingat, nanti mereka akan memerintah dengan semena-mena. Akan ada pembalasan untuk semua itu. Silahkan pergi!

Kalian yang di sebelah barat! Carilah oleh kalian Ki Santang! Sebab nanti, keturunan kalian yang akan mengingatkan saudara kalian dan orang lain. Ke saudara sedaerah, ke saudara yang datang sependirian dan semua yang baik hatinya. Suatu saat nanti, apabila tengah malam, dari gunung Halimun terdengar suara minta tolong, nah itu adalah tandanya. Semua keturunan kalian dipanggil oleh yang mau menikah di Lebak Cawéné. Jangan sampai berlebihan, sebab nanti telaga akan banjir! Silahkan pergi! Ingat! Jangan menoleh ke belakang!

Kalian yang di sebelah utara! Dengarkan! Kota tak akan pernah kalian dapati, yang kalian temui hanya padang yang perlu diolah. Keturunan kalian, kebanyakan akan menjadi rakyat biasa. Adapun yang menjadi penguasa tetap tidak mempunyai kekuasaan. Suatu hari nanti akan kedatangan tamu, banyak tamu dari jauh, tapi tamu yang menyusahkan. Waspadalah!

Semua keturunan kalian akan aku kunjungi, tapi hanya pada waktu tertentu dan saat diperlukan. Aku akan datang lagi, menolong yang perlu, membantu yang susah, tapi hanya mereka yang bagus perangainya. Apabila aku datang tak akan terlihat; apabila aku berbicara tak akan terdengar. Memang aku akan datang tapi hanya untuk mereka yang baik hatinya, mereka yang mengerti dan satu tujuan, yang mengerti tentang harum sejati juga mempunyai jalan pikiran yang lurus dan bagus tingkah lakunya. Ketika aku datang, tidak berupa dan bersuara tapi memberi ciri dengan wewangian. Semenjak hari ini, Pajajaran hilang dari alam nyata. Hilang kotanya, hilang negaranya. Pajajaran tidak akan meninggalkan jejak, selain nama untuk mereka yang berusaha menelusuri. Sebab bukti yang ada akan banyak yang menolak! Tapi suatu saat akan ada yang mencoba, supaya yang hilang bisa ditemukan kembali. Bisa saja, hanya menelusurinya harus memakai dasar. Tapi yang menelusurinya banyak yang sok pintar dan sombong. Dan bahkan berlebihan kalau bicara.

Suatu saat nanti akan banyak hal yang ditemui, sebagian-sebagian. Sebab terlanjur dilarang oleh Pemimpin Pengganti! Ada yang berani menelusuri terus menerus, tidak mengindahkan larangan, mencari sambil melawan, melawan sambil tertawa. Dialah Anak Gembala. Rumahnya di belakang sungai, pintunya setinggi batu, tertutupi pohon handeuleum dan hanjuang. Apa yang dia gembalakan? Bukan kerbau bukan domba, bukan pula kucing ataupun banteng. Tetapi ranting daun kering dan sisa potongan pohon. Dia terus mencari, mengumpulkan semua yang dia temui. Tapi akan menemui banyak sejarah/kejadian, selesai zaman yang satu datang lagi satu zaman yang jadi sejarah/kejadian baru, setiap zaman membuat sejarah. Setiap waktu akan berulang itu dan itu lagi.

Dengarkan! Yang saat ini memusuhi kita, akan berkuasa hanya untuk sementara waktu. Tanahnya kering padahal di pinggir sungai Cibantaeun dijadikan kandang kerbau kosong. Nah di situlah, sebuah nagara akan pecah, pecah oleh kerbau bule, yang digembalakan oleh orang yang tinggi dan memerintah di pusat kota. semenjak itu, raja-raja dibelenggu. Kerbau bule memegang kendali, dan keturunan kita hanya jadi orang suruhan. Tapi kendali itu tak terasa sebab semuanya serba dipenuhi dan murah serta banyak pilihan.

Semenjak itu, pekerjaan dikuasai monyet. Suatu saat nanti keturunan kita akan ada yang sadar, tapi sadar seperti terbangun dari mimpi. Dari yang hilang dulu semakin banyak yang terbongkar. Tapi banyak yang tertukar sejarahnya, banyak yang dicuri bahkan dijual! Keturunan kita banyak yang tidak tahu, bahwa zaman sudah berganti! Pada saat itu geger di seluruh negara. Pintu dihancurkan oleh mereka para pemimpin, tapi pemimpin yang salah arah!

Yang memerintah bersembunyi, pusat kota kosong, kerbau bule kabur. Negara pecahan diserbu monyet! Keturunan kita enak tertawa, tapi tertawa yang terpotong, sebab ternyata, pasar habis oleh penyakit, sawah habis oleh penyakit, tempat padi habis oleh penyakit, kebun habis oleh penyakit, perempuan hamil oleh penyakit. Semuanya diserbu oleh penyakit. Keturunan kita takut oleh segala yang berbau penyakit. Semua alat digunakan untuk menyembuhkan penyakit sebab sudah semakin parah. Yang mengerjakannya masih bangsa sendiri. Banyak yang mati kelaparan. Semenjak itu keturunan kita banyak yang berharap bisa bercocok tanam sambil sok tahu membuka lahan. Mereka tidak sadar bahwa zaman sudah berganti cerita lagi.

Lalu sayup-sayup dari ujung laut utara terdengar gemuruh, burung menetaskan telur. Riuh seluruh bumi! Sementara di sini? Ramai oleh perang, saling menindas antar sesama. Penyakit bermunculan di sana-sini. Lalu keturunan kita mengamuk. Mengamuk tanpa aturan. Banyak yang mati tanpa dosa, jelas-jelas musuh dijadikan teman, yang jelas-jelas teman dijadikan musuh. Mendadak banyak pemimpin dengan caranya sendiri. Yang bingung semakin bingung. Banyak anak kecil sudah menjadi bapa. Yang mengamuk tambah berkuasa, mengamuk tanpa pandang bulu. Yang Putih dihancurkan, yang Hitam diusir. Kepulauan ini semakin kacau, sebab banyak yang mengamuk, tidak beda dengan tawon, hanya karena dirusak sarangnya. seluruh nusa dihancurkan dan dikejar. Tetapi…ada yang menghentikan, yang menghentikan adalah orang sebrang.

Lalu berdiri lagi penguasa yang berasal dari orang biasa. Tapi memang keturunan penguasa dahulu kala dan ibunya adalah seorang putri Pulau Dewata. Karena jelas keturunan penguasa, penguasa baru susah dianiaya! Semenjak itu berganti lagi zaman. Ganti zaman ganti cerita! Kapan? Tidak lama, setelah bulan muncul di siang hari, disusul oleh lewatnya komet yang terang benderang. Di bekas negara kita, berdiri lagi sebuah negara. Negara di dalam negara dan pemimpinnya bukan keturunan Pajajaran.

Lalu akan ada penguasa, tapi penguasa yang mendirikan benteng yang tidak boleh dibuka, yang mendirikan pintu yang tidak boleh ditutup, membuat pancuran ditengah jalan, memelihara elang dipohon beringin. Memang penguasa buta! Bukan buta raksasa, tetapi buta tidak melihat, segala penyakit dan penderitaan, penjahat juga pencuri menggerogoti rakyat yang sudah susah. Sekalinya ada yang berani mengingatkan, yang diburu bukanlah penderitaan itu semua tetapi orang yang mengingatkannya. Semakin maju semakin banyak penguasa yang buta tuli. memerintah sambil menyembah berhala. Lalu anak-anak muda salah pergaulan, aturan hanya menjadi bahan omongan, karena yang membuatnya bukan orang yang mengerti aturan itu sendiri. Wajar saja bila kolam semuanya mengering, pertanian semuanya puso, bulir padi banyak yang diselewengkan, sebab yang berjanjinya banyak tukang bohong, semua diberangus janji-janji belaka, terlalu banyak orang pintar, tapi pintar kebelinger.

Pada saat itu datang pemuda berjanggut, datangnya memakai baju serba hitam sambil menyanding sarung tua. Membangunkan semua yang salah arah, mengingatkan pada yang lupa, tapi tidak dianggap. Karena pintar kebelinger, maunya menang sendiri. Mereka tidak sadar, langit sudah memerah, asap mengepul dari perapian. Alih-alih dianggap, pemuda berjanggut ditangkap dimasukan kepenjara. Lalu mereka mengacak-ngacak tanah orang lain, beralasan mencari musuh tapi sebenarnya mereka sengaja membuat permusuhan.

Waspadalah! sebab mereka nanti akan melarang untuk menceritakan Pajajaran. Sebab takut ketahuan, bahwa mereka yang jadi gara-gara selama ini. Penguasa yang buta, semakin hari semakin berkuasa melebihi kerbau bule, mereka tidak sadar zaman manusia sudah dikuasai oleh kelakuan hewan.

Kekuasaan penguasa buta tidak berlangsung lama, tapi karena sudah kelewatan menyengsarakan rakyat yang sudah berharap agar ada mukjizat datang untuk mereka. Penguasa itu akan menjadi tumbal, tumbal untuk perbuatannya sendiri, kapan waktunya? Nanti, saat munculnya anak gembala! di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. yang tidak tahu menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar. Dipimpin oleh pemuda gendut! Sebabnya bertengkar? Memperebutkan tanah. Yang sudah punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada diam, mereka hanya menonton tapi tetap terbawa-bawa.

Yang bertengkar lalu terdiam dan sadar ternyata mereka memperebutkan pepesan kosong, sebab tanah sudah habis oleh mereka yang punya uang. Para penguasa lalu menyusup, yang bertengkar ketakutan, ketakutan kehilangan negara, lalu mereka mencari anak gembala, yang rumahnya di ujung sungai yang pintunya setinggi batu, yang rimbun oleh pohon handeuleum dan hanjuang. Semua mencari tumbal, tapi pemuda gembala sudah tidak ada, sudah pergi bersama pemuda berjanggut, pergi membuka lahan baru di Lebak Cawéné!

Yang ditemui hanya gagak yang berkoar di dahan mati. Dengarkan! Zaman akan berganti lagi, tapi nanti, setelah Gunung Gede meletus, disusul oleh tujuh gunung. Ribut lagi seluruh bumi. Orang Sunda dipanggil-panggil, orang Sunda memaafkan. Baik lagi semuanya. Negara bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri ratu adil, ratu adil yang sejati.

Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian akan tahu. Sekarang, cari oleh kalian pemuda gembala. Silahkan pergi, ingat jangan menoleh ke belakang!

 

Makna Uga Wangsit Siliwangi Versi Kyai Mbeling:

Sosok "Bocah Angon Atau Satrio Piningit" Memang Masih Misterius. Begitu Banyak Sudah Orang-Orang Dari Berbagai Kalangan Yang Mencoba Mencari Untuk Dapat Menemukannya Dengan Caranya Sendiri-Sendiri...

Alhasil, Sampai Detik Sekarang Ini Belumlah Ada Satu Orang Pun Yang Berhasil Menemukannya Sekalipun Para Tokoh Sakti Yang Memiliki Sejuta Ajian Penerawangan Pun Tak Dapat Melacak Keberadaannya, Karena Sosok Bocah Angon / Satrio Piningit Yang Asli Diselimuti Oleh Nur Kesucian Dan Dijaga Sekaligus Dilindungi Oleh Banyak Para Leluhur Suci Sehingga Dirinya Tidak Mudah Dilacak Keberadaannya Sekalipun Sudah Ribuan Orang Menerawangnya. Kalau Yang Mengaku-Ngaku Telah Menemukan Sosok Dari Bocah Angon / Satrio Piningit Itu Sangatlah Banyak Sekali, Bahkan Tidak Sedikit Orang-Orang Yang Mengklaim Dirinya Itu Adalah Seorang Bocah Angon / Satrio Piningit, Tetapi Kesemuanya Itu Berujung Kekecewaan Karena Semuanya Itu Adalah Pernyataan Pengakuan Yang Penuh Kepalsuan Semata-Mata Hanya Untuk Kepentingan Urusan Pribadi Dirinya Sendiri...

Apakah Bocah Angon / Satrio Piningit / Ratu Adil Itu Adalah 3 Sosok Yang Berbeda...???

Kita Jangan Terjebak Atau Terkecoh Dengan Berbagai Istilah Penyebutan Diatas Tersebut, Karena Tiga (3) Istilah itu Sejatinya Mengarah Kepada Satu Sosok Pribadi Manusia Pilihan. Jadi Bukan Tiga Orang Melainkan Satu (1) Orang Dengan Tiga (3) Istilah Penyebutan. Adapun Istilah Bocah Angon / Satrio Piningit / Ratu Adil Gampangnya Penjelasan Saya Kesemuanya Itu Adalah Pencapaian Derajat Ruhani Dalam Istilah Nusantara, Berawal Dari Seorang Bocah Angon Atau Satrio Piningit, Yang Kemudian Meningkat Derajatnya Hingga Menjadi Seorang Ratu Adil Yang Telah Dinanti-Nantikan Kehadirannya Oleh Jutaan Orang Selama Berabad-Abad Lamanya...

Bocah Angon Atau Satrio Piningit Itu Adalah Dua Istilah Penyebutan Yang Berbeda Untuk Calon Sang Ratu Adil. Kalau Istilah Sebutan Bocah Angon Itu Diambil Berdasarkan Kata-Kata Yang Tertera Pada Kalimat Ugo Wangsit Siliwangi, Sedangkan Istilah Penyebutan Satrio Piningit Itu Diambil Berdasarkan Kata-Kata Yang Tertera Pada Bait-Bait Ramalan Joyoboyo, Namun Keduanya Itu Baik Bocah Angon Ataupun Satrio Piningit Adalah Sama-Sama Istilah Sebutan Untuk Sosok Manusia Pilihan Yang Kelak Akan Menjadi Seorang Pemimpin Dengan Sebutan Sang Ratu Adil.

Maka Dari Itu Tidak Aneh Jika Di Jawabarat Menyebutnya Dengan Istilah Bocah Angon, Sedangkan Di Jawa Tengah & Jawa Timur Menyebutnya Dengan Istilah Satrio Piningit, Karena Kedua Istilah Penyebutan Tersebut Diambil Dari Dua Jenis Referensi Yang Berbeda. Jawabarat Mengambil Rujukannya Dari Ugo Wangsit Siliwangi Sedangkan Jawatengah & Jawatimur Mengambil Rujukannya Dari Ramalan Joyoboyo, Tetapi Sekalipun Beda Didalam Penyebutan Keduanya Sama-Sama Tertuju Kepada Sang Calon Ratu Adil...

Bocah Angon atau Satrio Piningit Menurut Saya Adalah Merupakan konsepsi Tentang Kehidupan Dan Kemanusiaan, Spiritual Juga Supranatural. Dalam Konteks Diri Manusia, Bocah Angon / Satrio Piningit Merupakan Konsep Tentang Penemuan Jati Diri Dan Pengendalian Diri Untuk Apa Sesungguhnya Kita Dicipta. Selain Jasad Kita Yang Sesungguhnya Hanyalah "tunggangan" Yang Harus Ditundukkan, Dikendalikan, Dan Diarahkan Melalui Proses "penggembalaan", Karena Didalam Diri Kita Juga Terdapat Kumpulan "sasatoan" Dalam Artian Sifat Kebinatangan Yang Tidak Untuk Dimatikan Melainkan Untuk Digembalakan / Dikendalikan Sehingga Menjadi Potensi Dan Energi Positif Dalam Pencapaian Hidup Ini...

Dalam Konteks Kehidupan Sesama Sebagai Makhluk Sosial, Bocah Angon / Satrio Piningit Menjelaskan Suatu Upaya Dan Proses Penertiban Kedisiplinan, Pembangunan Kesadaran, Serta Pengarahan Hubungan Antar Sesama Manusia Yang Dilandasi Dengan Cinta, Kasih & Sayang. Serta Berupaya Didalam Menciptakan Suatu Tatanan Kehidupan Yang Lebih Berkeadilan. Adapun Dalam Konteks Sosok Kepribadian, Pribadi-Pribadi Yang Bekerja Keras Dalam Upaya Dan Proses Pembangunan Tatanan Kehidupan Masyarakat Yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur Itupun Masuk Kedalam Kategori Pribadi Dari Diri Seorang Bocah Angon / Satrio Piningit...

Adapun Banyaknya Keragu-Raguan Yang Muncul Diberbagai Kalangan Para Elit Spiritual Maupun Intelektual Sehingga Mendorong Untuk Menelaah Dan Mempelajari Kembali Berdasarkan Apa Yang Telah Diungkapkan Dalam Naskah-Naskah Leluhur Mengenai Sosok Bocah Angon / Satrio Piningit. Adapun Salah Satu Naskah Yang Bisa Kita Jadikan Sebagai Referensi Salah Satunya Adalah Uga Wangsit Siliwangi.

Siliwangi Didalam Ugo Wangsitnya Menyebutkan Dengan Bahasa Siloka Atau Kiasannya, Bahwasanya Ciri Dari Bocah Angon / Satrio Piningit Seperti Yang Telah Dinukilkan Pada Kutipan Diatas Tersebut, Dengan Makna Atau Arti Secara Garis Besar Yang Dapat Saya Jabarkan Tentang Ciri-Ciri Dari Seorang Bocah Angon / Satrio Piningit Adalah Sebagai Berikut:


1. Suara Minta Tolong
Dalam 
Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan: Engké jaga, mun tengah peuting, ti gunung Halimun kadéngé sora tutunggulan, tah éta tandana; saturunan dia disambat ku nu dék kawin di Lebak Cawéné. Ulah sina talangké, sabab talaga bakal bedah! Jig geura narindak! Tapi ulah ngalieuk ka tukang...!!!” (Suatu saat nanti, apabila tengah malam, dari gunung Halimun terdengar suara minta tolong, nah itu adalah tandanya. Semua keturunan kalian dipanggil oleh yang mau menikah di Lebak Cawéné. Jangan sampai berlebihan, sebab nanti telaga akan banjir! Silahkan pergi! Ingat! Jangan menoleh ke belakang...!!!)

Kata “suara minta tolong” sepertinya sama dengan ungkapan Joyoboyo dalam bait 169 yaitu “senang menguji dan minta seakan-akan secara paksa”, namun ketahuilah bahwa semuanya itu sejatinya hanyalah sebuah ujian semata. Jangan dihina, karena sesungguhnya ada keuntungan bagi yang diminta olehnya yakni siapapun orangnya yang dimintai tolong olehnya sejatinya dia sedang memberikan keberkahan (kebahagiaan & keselamatan) kepada seseorang tersebut...

Bocah Angon / Satrio Piningit diawal kemunculannya akan beraksi melakukan hal-hal sebagai pertanda kedatangannya. Salah satunya adalah akan sering meminta tolong kepada orang-orang terdekatnya. Tidak jelas mengapa dia minta tolong kepada orang lain, apakah dia dalam kesulitan ataukah memang karena ada keperluan perihal tugas rahasianya ataupun lainnya. Yang pasti bila telah terjadi hal demikian dalam artian Sang Terpilih (Bocah Angon / Satrio Piningit) sudah sering menguji orang terdekatnya dengan meminta ini dan itu berarti pertanda akan kemunculannya sudah kiat dekat...

Sementara itu dikaitkan dengan 
Ramalan Joyoboyo pada bait 169 disebutkan apabila Bocah Angon / Satrio Piningit tersebut “suka minta secara paksa sebagai ujian”. Kalimat tersebut mengindikasikan bahwa minta tolong itu hanya sebatas ujian bagi yang dimintai pertolongan. Ujian apakah itu? belum diketahui ujian apa yang suka dilakukan Bocah Angon / Satrio Piningit pada orang-orang terdekatnya, karena didalam hal ini tentu Sang Terpilih lah yang lebih mengetahui maksud dan tujuannya itu untuk apa...

2. Mencari Sambil Melawan, Melawan Sambil Tersenyum / Tertawa
Dalam 
Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan: Engké bakal réa nu kapanggih, sabagian-sabagian. Sabab kaburu dilarang ku nu disebut Raja Panyelang! Aya nu wani ngoréhan terus terus, teu ngahiding ka panglarang; ngoréhan bari ngalawan, ngalawan sabari seuri” (Suatu saat nanti akan banyak hal yang ditemui, sebagian-sebagian. Sebab terlanjur dilarang oleh Pemimpin Pengganti! Ada yang berani menelusuri terus menerus, tidak mengindahkan larangan, mencari sambil melawan, melawan sambil tertawa)...

Dialah Bocah Angon / Satrio Piningit ”Kata terlanjur dilarang ini apa maksudnya? Apakah dilarang dalam mengungkap fakta-fakta, ato dilarang meluruskan sejarah? sepertinya masih butuh penafsiran lagi.

Yang pasti 
Bocah Angon / Satrio Piningit sepertinya tidak peduli dengan larangan pemimpin. Bahkan bukan hanya tidak peduli dengan larangan tersebut, tetapi lebih dari itu Bocah Angon / Satrio Piningit melawan larangan si pemimpin itu sambil tersenyum / tertawa. Tidak bisa dibayangkan bagaimana perasaan si pemimpin bila dilawan sambil tertawa. Bisa-bisa Bocah Angon / Satrio Piningit dalam situasi ini akan berada dalam situasi bahaya nih karena kerjanya selalu melawan sang pemimpin pengganti yang penuh angkara murka dan senang berbuat semena-mena...

Kata banyak yang ditemui sebagian-sebagian karena terlanjur dilarang pemimpin baru, menunjukkan bahwa yang akan ditemukan masyarakat memang hanya sebagian saja. Oleh karena sebagian saja maka yang ditemukan tersebut belumlah lengkap dan tentunya belum sempurna hasilnya. Tetapi tidak bagi 
Bocah Angon / Satrio Piningit, dia terus saja mencari sambil melawan. Malah justru bisa jadi apa yang ditemukan oleh Bocah Angon / Satrio Piningit itu adalah merupakan temuan yang paling lengkap dan mendekati kebenaran...

3. Dia Gembalakan Ranting Daun Kering Dan Sisa Potongan Pohon
Dalam Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan: Nyaéta budak angon, Ari ngangonna? Lain kebo lain embé, lain méong lain banténg, tapi kalakay jeung tutunggul. Inyana jongjon ngorehan, ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian disumputkeun, sabab acan wayah ngalalakonkeun. Engke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu kabuka jeung raréang ménta dilalakonkeun. Tapi, mudu ngalaman loba lalakon, anggeus nyorang: undur zaman datang zaman, saban zaman mawa lalakon. Lilana saban zaman, sarua jeung waktuna nyukma, ngusumah jeung nitis, laju nitis dipinda sukma.” (Dialah Bocah Angon, Apa yang dia gembalakan? Bukan kerbau bukan domba, bukan pula kucing ataupun banteng. Tetapi ranting daun kering dan sisa potongan pohon. Dia terus mencari, mengumpulkan semua yang dia temui. Tapi akan menemui banyak sejarah / kejadian, selesai zaman yang satu datang lagi satu zaman yang jadi sejarah / kejadian baru, setiap zaman membuat sejarah. Setiap waktu akan berulang itu dan itu lagi).

Bocah Angon / Satrio Piningit memiliki kebiasaan mengumpulkan daun dan ranting. Kata daun dan ranting yang disebutkan Uga Wangsit Siliwangi dalam bahasa asli Sundanya yaitu “Kalakay jeung Tutunggul“. Kalakay merupakan daun lontar yang biasa digunakan oleh orang kita pada zaman dulu kala sebagai lembaran daun untuk menulis. Sementara Tutunggul merupakan ranting pohon yang biasa digunakan orang kita pada jaman dulu kala sebagai pena untuk menulis. Sehingga Kalakay dan Tutunggul bisa diartikan sebagai kertas dan pena. Dalam hal ini bisa ditarik kesimpulan seorang Bocah Angon / Satrio Piningit itu adalah sosok pribadi yang memiliki tingkat kecerdasan intelektualitas tinggi diatas rata-rata manusia pada umumnya...

Bocah Angon / Satrio Piningit ini memiliki kegemaran suka menggembalakan kertas dan pena (pandai membaca & menulis). Dia terus mengumpulkan dan mengumpulkan kedua barang tersebut sebagai gembalaannya. Tidak jelas kenapa dia suka menggembalakan kertas dan pena. Kata mengumpulkan itu berarti kertas dan pena tersebut tidak hanya 1 buah, tetapi jumlahnya banyak dan itu menjadi barang kegemarannya.

Selanjutnya disebutkan “Dia terus mencari, mengumpulkan semua yang dia temui. Tapi akan menemui banyak sejarah / kejadian“. Kalimat tersebut bisa berarti bahwa 
Bocah Angon / Satrio Piningit menggembalakan kertas dan pena untuk mengumpulkan data dan fakta tentang sejarah dan kejadian pada masa lampau. Ntah sejarah dan kejadian apa yang dia kumpulkan, tetapi bisa dimengerti bahwa di Nusantara banyak sekali sejarah yang dirubah, mungkin hal tersebut bisa juga terkait dengan pelurusan sejarah kita.

Dia 
(Sang Terpilih) akan terus mengumpulkan sejarah dan kejadian-kejadian penting tentunya untuk menyelesaikan masalah di Nusantara. Wajar saja bila sejarah ditelusuri karena memang untuk menyelesaikan suatu masalah tidak bisa tidak harus mengetahui awal sejarahnya bagaimana bisa terjadi. Dengan kegemarannya menelusuri sejarah dengan mendatangi berbagai macam tempat-tempat dimana pada zaman dulu disitu terjadi suatu peristiwa dan kejadian, yang mana kemudian hasil dari penelusurannya tersebut dia torehkan dalam bentuk karya tulis, dengan harapan kelak masalah di Nusantara akan bisa dibereskan dengan mudah setelah adanya pelurusan sejarah berdasarkan data dan fakta yang real...

4. Rumahnya Dekat Sungai Dan Pintunya Setinggi Batu
Dalam 
Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan: Nyaéta budak angon; imahna di birit leuwi, pantona batu satangtungeun.” (Dialah Anak Gembala. Rumahnya di belakang sungai, pintunya setinggi batu).

Kata di ujung sungai menunjukkan bahwa rumah Bocah Angon / Satrio Piningit letaknya berada dekat dengan hulu sungai. Siliwangi tidak memberikan gambaran berapa jarak antara rumah dengan sungai tersebut. Bisa jadi hanya beberapa puluh meter dari sungai, tetapi bisa jadi juga ratusan meter dari sungai, yang jelas jarak antara tempat tinggalnya dengan sungai itu sangatlah dekat menurut ukuran orang dewasa...

Siliwangi juga tidak menyebutkan nama dari sungai tersebut sehingga rada menyulitkan banyak orang untuk menentukan letak sungainya. Di Jawa terdapat banyak sekali sungai membentang dari utara hingga selatan. Dan rata-rata di pinggir sungai terdapat banyak rumah penduduk dan ini tentunya sangat menyulitkan untuk menentukan letak sungainya yang sesuai kata Siliwangi. Namun yang pasti Bocah Angon / Satrio Piningit rumahnya dekat sungai sehingga bila ada yang mengaku dirinya Bocah Angon / Satrio Piningit tetapi rumahnya jauh dari sungai berarti itu tidak sesuai dengan Ugo Wangsit Siliwangi.

Kemudian untuk kata pintunya setinggi batu masih perlu dipertanyakan, apakah atap rumahnya terbuat dari batu? dan juga apakah pintu rumahnya juga terbuat dari batu? kok seperti rumah nenek moyang kita pada zaman dulu. Bisa jadi demikian tetapi mungkin juga tidak demikian.
Kalimat tersebut bisa dipahami bahwa rumah 
Bocah Angon / Satrio Piningit tidak hanya 1 lantai, namun bertingkat rumahnya. Hal ini diperkuat dengan ungkapan Joyoboyo dalam bait 161 yaitu “berumah seperti Raden Gatotkaca, laksana rumah merpati susun tiga“. Dari ungkapan Joyoboyo menunjukkan ada rumah dari Bocah Angon tersebut adalah tiga (3) lantai. Tentunya bukan rumah biasa, sebab kalau rumahnya saja sudah 3 lantai bisa jadi dia itu adalah dari kalangan ekonomi menengah keatas atau jangan-jangan memang Bocah Angon / Satrio Piningit itu sejatinya dari keluarga kaya raya, atau justru malah kebalikannya sang Bocah Angon / Satrio Piningit itu sebetulnya dari keluarga miskin cuman restu alam lah yang menggiringnya untuk mencapai itu semua...

Yang namanya rumah lantai tiga (3), tentunya disetiap lantainya itu pasti menggunakan cor dengan berbahan utama pasir, batu split & semen yang mana setelah sekian lama ketiga bahan tersebut tentunya akan mengeras laksana batu, Sehingga bisa dipahami bila pintu lantai pertama akan setinggi batu (setinggi cor semen pada lantai 2). Memang kebanyakan rumah orang yang bertingkat pintunya pasti akan setinggi lantai 2, tepat di bawah cor semen yang telah menjadi batu tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa rumah 
Bocah Angon / Satrio Piningit memang bertingkat yang mana pintu utamanya setinggi batu dalam artian dibawah lantai tingkat 2 yang mengeras laksana batu...

5. Tertutupi Pohon Handeuleum Dan Hanjuang
Dalam Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan: Nyaéta budak angon; imahna di birit leuwi, pantona batu satangtungeun, kahieuman ku handeuleum, karimbunan ku hanjuang”(Dialah Anak Gembala. Rumahnya dibelakang sungai, pintunya setinggi batu, tertutupi oleh rerimbunan pohon handeuleum dan hanjuang).

Kata rimbun oleh pohon Handeuleum dan Hanjuang berarti di depan rumah Bocah Angon tersebut terdapat banyak tanaman / pepohonan yang menjadi ciri khas dari tempat tinggalnya, bisa jadi berupa taman dan bisa jadi juga berupa pekarangan kosong yang ditumbuhi oleh banyak pepohonan...

6. Pergi Bersama Pemuda Berjanggut
Dalam 
Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan: “Sejana dék marénta tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, geus narindak babarengan jeung budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak Cawéné”. (Semua mencari tumbal, tapi Bocah Angon sudah tidak ada, sudah pergi bersama pemuda berjanggut, pergi membuka lahan baru di Lebak Cawéné).

Siapakah pemuda berjanggut itu? Penyebutan pemuda berjanggut ini masih perlu dipertanyakan. Apakah pemuda tersebut merupakan kerabat atau keluarga atau teman atau pengasuh, atau guru ataukah justru murid dari Bocah Angon / Satrio Piningit itu sendiri...??? Belum jelas diketahui karena memang dalam Ugo Wangsit Siliwangi tidak menyinggung mengenai hal tersebut.

Misteri ini masih sulit untuk diungkap kebenarannya. Pada saat Bocah Angon / Satrio Piningit masih menjadi sosok yang misteri, pada saat yang sama pula ada sosok lain yaitu pemuda berjanggut yang jati dirinya juga masih misteri. Adapun Kata Berjanggut / Berjenggot itu sendiri pun masih menjadi teka – teki, apakah betul-betul pemuda yang mendampingi Bocah Angon / Satrio Piningit itu benar-benar berjanggut ataukah kata Janggut disini hanyalah sebatas kata kiasan semata sebagai simbol ketawadhuan atau kerendahan hati dari pemuda yang mendampingi Bocah Angon / Satrio Piningit itu sendiri, seperti apa jawaban pastinya tentunya dalam hal ini Bocah Angon / Satrio Piningit lah yang jauh lebih mengerti dan memahami akan maksud yang tertera didalam Uga Wangsit Siliwangi tersebut...

7. Pergi Membuka Lahan Baru Di Lebak Cawéné
Dalam 
Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan: “Geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak Cawéné”. (Sudah pergi bersama pemuda berjanggut, pergi membuka lahan baru di Lebak Cawéné).

Bocah Angon / Satrio Piningit sepertinya tidak akan sulit untuk diketemukan sebelum tiba waktu kemunculannya. Karena dalam Ugo Wangsit Siliwangi dijelaskan ketika orang-orang sudah yakin berhasil menemukan rumahnya yang diujung sungai, justru sang Bocah Angon / Satrio Piningit sudah pergi bersama pemuda berjanggut ke Lebak Cawéné.

Kenapa Bocah Angon / Satrio Piningit justru malah pergi meninggalkan rumahnya yang 3 lantai yang didekat sungai tersebut...??? Semua itu karena perintah dari para leluhurnya yang mana perintah tersebut semata-mata adalah untuk melindungi dirinya dari mara bahaya karena dimasa itu keselamatan nyawa Bocah Angon / Satrio Piningit betul-betul menjadi tarohannya...

Siliwangi didalam Ugo Wangsitnya tidak menyebutkan kemudian orang-orang akan berhasil menemukan Bocah Angon / Satrio Piningit di Lebak Cawéné setelah gagal menemukan di rumahnya. Tidak ada kalimat tersebut dalam Ugo Wangsit Siliwangi. Karena tidak ada kata itu maka bisa disimpulkan bahwa jarak antara rumahnya yang dekat sungi dengan Lebak Cawéné tidak dekat bahkan mungkin sangat jauh sekali.

Siliwangi juga tidak menyebutkan setelah pergi ke Lebak Cawéné si Bocah Angon / Satrio Piningit kemudian kembali lagi ke rumahnya. Karena tidak ada kalimat yang menyebutkan hal tersebut itu berarti Lebak Cawéné merupakan tempat baru yang ditinggali Bocah Angon / Satrio Piningit setelah rumahnya yang di ujung sungai di tinggal pergi. Apabila Bocah Angon / Satrio Piningit kembali lagi ke rumahnya yang di ujung sungai, maka tentunya Siliwangi akan menyebutnya berhasil ditemukan di rumahnya. Sudah pasti bila orang telah menemukan rumahnya maka akan ditunggui kapan kembalinya. Tetapi ternyata tidak ada kalimat tersebut dalam Ugo Wangsit Siliwangi. Kalaupun kenyataannya Bocah Angon / Satrio Piningit kembali kerumahnya yang disekitaran samping sungai, itu bukanlah untuk tinggal menetap kembali disitu melainkan sebatas karena rindu dengan tanah kelahirannya...

Sampai saat ini belum diketahui dimana letak Lebak Cawéné berada. Dalam peta Jawa maupun peta Indonesia, tidak ada daerah yang diberi nama Lebak Cawéné. Oleh karena namanya yang masih asing inilah maka banyak kalangan menafsirkan menurut keyakinannya masing-masing.

Ada yang menafsirkan Lebak Cawéné berada di lereng sebuah gunung. Ada juga yang mengatakan berada di petilasan Joyoboyo. Yang lain mengatakan berada di tempat yang ada guanya dan sebagainya membuat semakin tidak jelas saja letak Lebak Cawéné dimana. Tetapi apabila anda meyakini sebuah tempat merupakan Lebak Cawéné, maka bisa dipastikan anda akan memaksakan kehendak untuk menentukan 1 orang di daerah tersebut sebagai calon Ratu Adil. Wah jadi kasian pada orangnya kena sasaran.

Ketahuilah bahwa 
Siliwangi tidak menyebutkan Bocah Angon / Satrio Piningit akan berhasil ditemukan di Lebak Cawéné. Di sisi lain Siliwangi juga tidak memberikan ciri-ciri Lebak Cawéné yang dia katakan sehingga mustahil Lebak Cawéné bisa diketahui sebelum Sang Bocah Angon / Satrio Piningit / Ratu Adil sudah bersedia muncul dari persembunyiannya dalam kurun waktu yang sangat lama, kecuali anda lebih sakti dari Siliwangi. Kemampuan sama dengan Siliwangi aja tidak mungkin apalagi lebih tinggi dari Siliwangi, jelas tidak mungkin lagi. Namun sekalipun banyak orang yang kebingungan didalam menafsirkan arti dan makna dari Ugo Wangsit Siliwangi tersebut, akan tetapi tidak untuk Sang Terpilih (Bocah Angon / Satrio Piningit) karena sudah pasti dia memahami dengan sebaik-baiknya pemahaman akan pesan-pesan Siliwangi yang tersirat didalam Ugo Wangsitnya, hanya saja masa persembunyiannya belum selesai karena itulah dia tetap menutup diri hingga saat sekarang ini sekalipun sudah begitu banyak sekali orang-orang diluaran sana yang mengaku-ngaku kalau dirinya itulah Bocah Angon / Satrio Piningit tersebut, Tetapi Sang Bocah Angon / Satrio Piningit asli akan tetap memilih diam dan tenang didalam persembunyiannya...

8. Gagak Berkoar Didahan Mati
Dalam 
Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan: Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak dina tutunggul”. (Yang ditemui hanya gagak yang berkoar di dahan mati).

Kata Gagak berkoar mungkinkah memang burung Gagak yang suka berkicau, ataukah itu merupakan simbol saja.

Banyak kemungkinan mengenai Gagak berkoar tersebut. Namun dalam naskah-naskah lain seperti yang diungkap 
Ronggowarsito dan Joyoboyo bahwasannya Bocah Angon / Satrio Piningit sebelum menjadi Ratu Adil hidupnya penuh dengan penderitaan, yakni dia sering dihina, dicaci, dimaki, difitnah, didzolimi, dikhianati, bahkan sering menjadi bahan gunjingan banyak orang, sekalipun dirinya berusaha untuk tetap diam dalam persembunyiannya, dalam artian tidak banyak berinteraksi dengan orang lain namun orang yang iri, membenci bahkan memusuhi dirinya sangatlah banyak sekali bahkan dari orang-orang terdekatnya sendiri. Apabila dikaitkan dengan hal tersebut maka Gagak berkoar itu bisa juga diartikan sebagai ucapan gunjingan dari orang-orang yang suka menghina Bocah Angon / Satrio Piningit tersebut...

Oleh karena hidupnya yang selalu terus menerus dihina orang, ditambah lagi orang-orang terdekatnya sudah tidak ada lagi yang mempercayainya, sudah tidak ada yang mendengarkan nasehatnya, sudah banyak yang mendholimi dirinya, bahkan tidak sedikit yang berusaha untuk mencelakainya, maka dari itulah akhirnya 
Bocah Angon / Satrio Piningit pun pergi meninggalkan rumahnya yang dekat dengan sungai yang dengan ciri 3 lantai tersebut. Kemudian dia bersama pemuda berjanggut menuju ke Lebak Cawéné untuk membuka lahan baru disana. Semua mencari tumbal bisa saja diartikan sebagai mencari berita dan ketika yang dicarinya (Bocah Angon / Satrio Piningit) sudah tidak ada dalam artian sudah pergi jauh meninggalkan rumahnya, maka mereka mencari kabar berita tentang Bocah Angon itu melalui para gagak yang suka berkoar tersebut...

9. Ratu Adil Sejati
Dalam 
Ugo Wangsit Siliwangi disebutkanHadé deui sakabéhanana. Sanagara sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu adil; ratu adil nu sajati”(Baik lagi semuanya. Negara bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri Ratu Adil, Ratu Adil yang sejati).

Tapi Ratu siapa...??? Darimana asalnya Sang Ratu...??? Nanti juga kalian semuanya akan tahu kalau sudah tiba waktunya. Sekarang, carilah oleh kalian Bocah Angon / Satrio Piningit Itu.” Kita disuruh Siliwangi untuk mencari Bocah Angon / Satrio Piningit, karena dialah yang kelak akan menjadi Sang Ratu Adil sejati, Raja Diraja Yang Akan Mensejahterakan Rakyat-Rakyatnya...

Namun Didalam Hal Ini Siliwangi memberikan pesan kepada kita semuanya untuk berhati-hati didalam mencari Bocah Angon / Satrio Piningit tersebut. Hal ini dikarenakan banyak sekali Bocah Angon / Satrio Piningit palsu yang telah bermunculan di Nusantara ini.

Lihatlah saat ini telah banyak terdengar dimana-mana dari Jawa bagian barat hingga Jawa bagian timur, orang-orang yang muncul diyakini sebagai seorang Satrio Piningit. Bahkan juga bermunculan dimana-mana orang yang mengakui dirinyalah Satrio Piningit tersebut. Apabila dimintai bukti maka orang-orang tersebut akan mencocok-cocokkan diri dengan naskah-naskah yang ada untuk meyakinkan orang. Padahal kenyataannya semuanya itu adalah sebuah kepalsuan belaka...

Untuk itulah 
Siliwangi berpesan agar kita berhati-hati didalam mencari Bocah Angon / Satrio Piningit sejati, karena yang asli dan sejati itu hanya ada satu sementara yang palsu alias cuman ngaku-ngaku sangatlah banyak sekali. Walaupun banyak Bocah Angon / Satrio Piningit palsu, hal itu tidak akan mengubah kepastian munculnya yang asli. Apabila yang asli telah muncul maka semua akan terbukti mana yang asli dan mana yang palsu sesuai kata Siliwangi “Tapi Ratu siapa? darimana asalnya sang Ratu? Nanti juga kalian akan tahu. Sekarang, carilah oleh kalian Bocah Angon / Satrio Piningit Sejati yang asli.”

Demikianlah beberapa hal mengenai 
Bocah Angon / Satrio Piningit yang mampu saya jabarkan sesuai dengan apa yang telah disebutkan dalam naskah Ugo Wangsit SiliwangiSiliwangi sengaja tidak begitu jelas menggambarkan Bocah Angon / Satrio Piningit dalam naskahnya sehingga sangat menyulitkan kita untuk menemukannya. Kesengajaan ini dimengerti karena memang bertujuan untuk menjaga keselamatan dari Sang Terpilih itu sendiri sebab tentunya akan banyak sekali pihak-pihak yang akan menghalangi bahkan mungkin mencelakai Sang Bocah Angon / Satrio Piningit Asli apabila identitas aslinya ada yang mengetahui, karena akan banyak musuh bumi pertiwi yang bakal gentar juga ketakutan apabila Sang Bocah Angon / Satrio Piningit Asli sudah muncul kepermukaan untuk menjadi Sang Ratu Adil Sejati...

Semoga kita semuanya, para pembaca 
blog Majelis Ilmu Asror Karomah darimanapun kalian semuanya berasal, semuanya senantiasa diberikan keistikomahan untuk tetap berpegang teguh kepada tali kebenaran dan menjunjung tinggi keadilan bagi siapapun yang membutuhkannya, sambil bersama-sama menunggu dan menantikan waktu keluarnya Sang Bocah Angon / Satrio Piningit muncul keatas permukaan bumi Nusantara ini untuk menjadi Sang Ratu Adil sejati guna membawa angin segar bagi bumi pertiwi...

Rahayu...